Home Top Ad

Menjual buku elektronik (ebook) lewat Google Play Books

Share:



Sekian lama buku dan majalah dijual lewat toko buku dan pengecer, inovasi dan teknologi mengubah cara menjual buku dan majalah lewat media online.

Mungkin banyak teman-teman yang memiliki ketrampilan dan bakat menulis tapi sulit meneerbitkan, mencetak, dan menjual buku lewat penerbit maupun toko buku.

Meskipun tidak menggantikan media cetak, namun penjualan buku elektronik (ebook) bisa menjadi jembatan bagi para penulis yang kesulitan menembus penerbit.

Salah satu jalan menjual buku elektronik adalah menjadi mitra layanan  Google Play Books.

Lalu bagaimana cara kita bisa menjadi partner (mitra) penerbit buku untuk dijual di lapak Google Play Book? Syarat yang paling utama untuk menjadi mitra Google Books adalah kita harus memiliki akun Google. Untuk syarat ini pastinya teman-teman sudah memiliki mengingat setiap smartphone Android hanya bisa difungsikan jika kita memiliki akun Google. Aku Google ini dapat digunakan untuk mengakses layanan-layanan Google seperti Email, Blogger, Youtube, Adsense, Adword, hingga Google buku.

Langkah selanjutnya bagaimana?
1. Buka laman Pusat Mitra Buku https://play.google.com/books/publish/?hl=ID. Masuk dengan akun Google teman-teman.

2. Isi Form yang disediakan oleh Google Buku. Jika anda tidak punya usaha penerbitan tidak perlu khawatir. Isi saja dengan nama yang bagus, misalnya "Paijo Publishing" atau "Bedjo Media".

3. Setelah itu masuklah ke dashboard Google Buku Mitra. Isilah beberapa form yang wajib teman-teman isi, diantaranya data diri anda dan metode pembayaran.

Mengisi form data diri. Form ini wajib diisi

Bagaimana anda dibayar oleh Google? Isi dengan benar dan rekening bank anda.

4. Setelah selesai, teman-teman siap mengunggah ebook. Buka pada menu Book Catalog (katalog Buku).

5. Isi deskripsi buku dan harga jual buku anda sesuai urutan seperti dibawah ini.


6. Setelah selesai diperiksa dan disetujui, buku anda akan muncul di laman Google Play Store dan Google Books.


Gunakan gadget kalian untuk kegiatan-kegiatan yang positif. Salah satunya dengan menulis dan membuat buku elektronik (ebook) untuk kemudian dijual di Google Books dan Google Play Book.

Tema bisa apa saja, dari Pendidikan, Kebudayaan, Wisata, Tutorial dan lain sebagainya.

Aplikasi apa yang kita perlukan untuk membuat buku elektronik? Kita bisa menggunakan aplikasi semacam Corel Draw, Adobe Indesign, atau Quark Xpress. lain waktu kita kasih tutorialnya.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar